Memahami Bagaimana Iklan Google Ads (Pencarian) Bekerja

tehnis cara kerja google ads

Iklan google ads membantu bisnis untuk ditempatkan dan dapat dijangkau oleh customer potensial di tempat dan waktu yang tepat pada pencarian google yang relevan.

Google ads menjadi salah satu layanan iklan berbayar terbaik saat ini karena dapat langsung menempatkan iklan pada pencarian yang relevan. Google ads memiliki potensi yang sama baik dengan pencarian generik.

Ketika posisi generik sangat sulit untuk di capai terlebih SEO termasuk tehnik yang cukup sulit dan lama maka google ads menjadi pilihan terbaik. berikut adalah hal-hal yang perlu dipahami secara garis besar bagaimana iklan google ads bekerja.

Dimana iklan akan muncul?

Secara default iklan google ads muncul pada pencarian saja. Namun pada tipe iklan text dapat dikembangkan untuk muncul pada jaringan penelusuran di website-website yang memiliki adsense.

Pencarian yang relevan seperti contoh:

“service ac di surabaya”

Jika pengaturan iklan benar maka halaman bisnis anda akan muncul pada pencarian sesuai tingkat kompetisi.

Google Search Ads

Iklan Google Ads Mendorong Kunjungan Masuk ke Halaman Bisnis. Bukan Pasti Beli/Order.

Hal yang perlu diluruskan oleh pengiklan pemula adalah google ads bukan memberikan pembelian pasti setiap klik, penggunaan jasa, order. Tapi mendorong terjadinya kunjungan ke halaman/website bisnis.

Ada juga klik langsung konversi pada ektensi seperti telepon dan pengisian formulir yang sekarang fiturnya bisa digunakan.

Untuk meningkatkan tingkat konversi seperti pembelian, penggunaan layanan, order bisa dengan cara meningkatkan relevansi target audiens dan juga halaman website yang baik dimana pengunjung mendapatkan informasi yang di ingikan dan mudah untuk melakukan transaksi.

Biaya Per Klik Tergantung Tingkat Kompetisi

Biaya per klik sangat dipengaruhi oleh tingkat kompetisi. dan Google ads menggunakan sistem bidding. Artinya posisi iklan sangat besar dipengaruhi oleh berapa nilai bidding/lelang yang berani anda keluarkan untuk 1 kali klik iklan. Makin tinggi bidding/klik makin tinggi pula posisi iklan.

Setiap kata kunci berbeda-beda tingkat biddingnya juga dipengaruhi oleh jangkauan wilayah. Anda bisa mengatur nilai bidding sesuai kebutuhan.

Contoh. kata kunci “service ac” di Surabaya dan di Semarang biaya per klik nya akan sangat berbeda.

Belanja Anggaran Harian Sangat Dinamis.

Katakanlah anggaran harian anda adalah Rp 100.000 per hari. Belum tentu 100rb tersebut akan habis karena bisa saja iklan anda tidak tayang sering karena beberapa faktor. yang paling banyak mempengaruhi adalah tingkat pencarian yang kecil atau iklan ada kalah saing karena tingkat bidding rendah.

Begitu juga sebaliknya. Anda menganggap dengan anggaran harian dibatasi 100rb maka iklan akan terhenti disana. TIDAK. google ads memiliki sistem yang dapat melanjutkan iklan melebihi anggaran harian hingga 200%. Selengkapnya tentang over budget google ads dapat dibaca pada link berikut: https://support.google.com/google-ads/answer/2375423?hl=id

Share
No Comments

Post a Comment